Mengenal Internet dan Intranet

Internet singkatan dari interconnected network. Internet memungkinkan perpindahan data antarkomputer meski terpisah jarak yang jauh. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak kedua komputer.



Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung (realtime).

Intranet adalah sebuah jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TPC/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.



Internet muncul dari Uni Sovyet, tahun 1957 mereka memunculkan sebuah satelit bernama sputnik. Peluncuran sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh Amerika Serikat yang merupakan musuh besar Uni Soviet. Presiden Amerika Serikt yang bernama Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap menjadi negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects  Agency(ARPA). ARPA bernaung dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).
Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang disebut ARPAnet. Untuk kepentingan militer.

Unduh Materi lengkap disini


Jangan lupa tinggalkan komentar dan share yah,

semoga bermanfaat

(sumber gambar : google.co.id)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Mengenal Internet dan Intranet"

Post a Comment