5 Robot tercanggih masa kini

Robot adalah sebuah teknologi ciptaan manusia yang berisikan program yang bertujuan atau berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia,baik fisik maupun non-fisik. Sementara itu setiap waktu, makin banyak orang yang mengembangkan robot pintar dan canggih. Berikut 5 Robot Tercanggih didunia versi maluccana.

1. ASIMO
Robot canggih pertama adalah ASIMO, ASIMO merupakan robot canggih yang diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan otomotif dari jepang yaitu Honda sejak tahun 1986.Ternyata kata ASIMO merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. ASIMO merupakan robot canggih yang memiliki kemampuan berjalan seperti manusia, bahkan ASIMO juga dapat berlari lho.

ASIMO memiliki tampilan layaknya astronout yang sedang menggunakan sebuah ransel.Selain itu ASIMO memiliki berat badan sebesar 54 Kg dan tinggi 130 cm, dengan keadaan yang seperti itu ASIMO semakin mirip saja dengan manusia. Ternyata selain dapat berjalan dan berlari,ASIMO juga mempunyai kemampuan visual untuk mengenali objek,mengenali wajah,mengenali suara,dll.

2. Pepper
Pepper merupakan robot canggih yang diproduksi dan dikembangkan oleh Aldebaran Softbank Robotic. Robot canggih ini ditujukan untuk menjadi seorang pendamping seseorang dalam menghadapi kesulitan,seperti psikiater. Robot pintar ini dapat memahami dan mengerti dari perasaan seseorang. Selain untuk mendampingi seseorang dalam menghadapi kesulitan, pepper juga dapat digunakan untuk menyapa pelanggan dan sudah banyak orang jepang yang menggunakan robot ini.

3. AR
Robot canggih berikutnya adalah AR atai assistant robot. Robot AR ini merupakan robot yang diciptakan oleh Jepang. Dari nama saja kita sudah mengetahui bahwa robot canggih ini diciptakan dengan tujuan untuk membersihkan rumah. Tugas membersihkan rumah tersebut adalah menyapu,mengepel dan mencuci piring. Robot dengan kemampuan seperti ini biasanya kita temui di film-film, tapi sekarang sudah menjadi kenyataan. Sayangnya robot ini belum diproduksi secara masal atau masih diproduksi dalam jumlah yang sedikit.





4. Toyota humanoid
Tidak mau tertinggal oleh honda perusahaan berbasis otomotif toyota juga ikut menciptakan sebuah robot. Robot buatan toyota dapat memainkan biola,bermain bola dan masih banyak lagi. Robot canggih ini memiliki banyak sensor dan program komputer yang komplek sehingga dapat menjalankan beberapa beberapa kegiatan seperti bermusik dan bermain, dengan fitur yang terdapat pada robot tersebut membuat robot toyota humanoid menjadi salah satu robot tercanggih saat ini.



5. Robonaut


Robot canggih berikutnya juga diproduksi oleh badan antariksa nasional amerika atau NASA. Robot ini diciptakan dengan tujuan untuk menjadi seorang astronout. NASA mempunyai banyak harapn dalam robonaut, untuk melakukan tugas perjalanan keangkasa dalam skala besar.Tujuan lain dari robot ini adalah untuk memperkecil kecelakaan manusia saat melakukan perjalan ke luar angkasa.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "5 Robot tercanggih masa kini"

Post a Comment