Lakukan hal ini jika kamu ingin menjadi penghafal Quran

Halo guys,
Alhamdullillah pada kesempatan ini mari kita berbagi tentang bagaimana cara agar cepat menghafal alquran.



Siapa sih yang tidak mau kalau dirinya merupakan penghapal quran. pasti kita merasa bangga apalagi orang yang berada disekeliling kita. Berbagai macam cara kita lakukan agar kita menjadi penghafal quran namun apa daya itu hanyalah hayalan semata. 

Imam Syafi’i perah berkata,

شَكَوْت إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي فَأَرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ الْمَعَاصِي وَأَخْبَرَنِي بِأَنَّ الْعِلْمَ نُورٌ وَنُورُ اللَّهِ لَا يُهْدَى لِعَاصِي


“Aku pernah mengadukan kepada Waki’ (guru) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.” (I’anatuth Tholibin, 2: 190).

Padahal Imam Syafi’i sebenarnya orang yang hafalannya sungguh luar biasa. Diriwayatkan dari Imam Asy Syafi’i, ia berkata, “Aku telah menghafalkan Al Qur’an ketika berumur 7 tahun. Aku pun telah menghafal kitab Al Muwatho’ ketika berumur 10 tahun. Ketika berusia 15 tahun, aku pun sudah berfatwa.” (Thorh At Tatsrib, 1: 95-96).

Imam Syafi’i pun merenung, ia merenungkan keadaan dirinya. Beliau pun teringat bahwa pernah suatu saat beliau melihat seorang wanita tanpa sengaja yang sedang menaiki kendaraannya, lantas tersingkap pahanya. Beliau melihat kaki wanita yang tidak halal baginya, lantas beliau menyebut dirinya bermaksiat. Sehingga ia lupa terhadap apa yang telah ia hafalkan.

Jika kita bersungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an, kita harus membuktikannya dengan 3 cara, yaitu:

1. Luangkanlah waktu khusus dengan Al-Qur’an. Cukup dengan 30 menit selesai subuh dan maghrib selama itu efektif dan bisa istiqamah.

2. Berusahalah untuk membersihkan tempat bersemayamnya Al-Qur’an, yaitu hati kita. Bersihkanlah hati kita dari noda dan dosa, sekecil apapun itu.

3. Carilah guru yang kepadanya kita dapat berkonsultasi dan menyetorkan hafalan Al-Qur’an kita.

InsyaAllah dengan 3 cara tersebut, Allah akan memudahkan kita untuk mengafal Al-Qur’an yang mulia ini. Semoga dengan hafalan-hafalan ini, Allah dapat memberikan kita semua syafa’at di hari akhir nanti. Aamiin. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: ummionline(dot)com,dakwatuna(dot)com, rumaysho(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Lakukan hal ini jika kamu ingin menjadi penghafal Quran"

Post a Comment