5 Hasil Produk Hewan yang sangat berpengaruh terhadap Manusia

Sebagian besar budaya di dunia masih menaruh perhatian tinggi terhadap beberapa produk hewani yang cukup berharga. Sebagian besar produsen telah mempraktikkan metode manusiawi untuk mendapatkan produk ini, tapi itu tidak berarti bahwa hewan tersebut masih belum dipelihara. Produk ini merupakan produk sampingan hewan yang paling berharga di dunia dan mereka telah menguasai pasar.

Adapun produk itu antara lain :

1. Kulit Buaya




Kulit selalu menjadi barang mewah dan industri fashion sangat bergantung pada kulit yang didapat dari hewan. Meski kebanyakan kulit berasal dari hewan seperti sapi dan kambing, kulit buaya adalah yang paling berharga, terutama Porosus yang dijual dengan harga premium.

Kulit buaya Porosus sangat berharga karena pola keindahan sisinya yang melebihi kulit aligator normal dan kekuatannya yang sangat kuat serta lembut meski diregangkan sampai ketebalan 1 mm. Kulit buaya sebagian besar diekstraksi dari perut belakang buaya.

Kulit perut menggambarkan bagian dalam buaya yang meliputi perut, ekor dan dagu, membuat kulit menjadi halus serta paling lembut yang digunakan untuk tas tangan, dompe, ikat pinggang dan aksesoris lainnya. Peternakan buaya Porosus telah tumbuh dalam jumlah besar sejak mendapatkan ketenaran dan popularitas tapi masih merupakan komoditi langka serta masih memerintahkan harga premium.

2. Mutiara




Mutiara telah digunakan sebagai perhiasan sejak zaman kuno di abad ke 5 SM dan para wanita telah memakainya sebagai simbol status yang menunjukkan kekayaan dan keindahan. Saat itu, mereka menggunakan mutiara yang terbentuk secara alami yang terjadi sebagai akibat partikel atau organisme yang memasuki tiram mutiara dan menyematkan diri di tempurung.

Tiram kemudian akan melepaskan zat yang disebut nacre dan membentuk kantung mutiara di sekelilingnya. Nacre ini akan menumpuk dan membentuk mutiara. Mereka sangat langka tapi akhir-akhir ini manusia telah mengambil alih proses dan mengenalkan manik-manik kulit ke tiram mutiara.

Tiram menerima manik-manik sebagai benda asing dan memproduksi sel-sel yang mengeluarkan sekresi mutiara yang kemudian dicangkokkan secara bersamaan dan ini mempercepat pembentukan kantung mutiara. Mereka cukup mahal dan beberapa dijual seharga $ 11,8 juta seperti La Peregrina Pearl, sedangkan mutiara terbesar di dunia, Beauty of Ocean Pearl di China bernilai $ 139 juta.

3. Wol Vicuna




Fashion memang merupakan salah satu industri termahal yang pernah ada dan kita menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan sepatu, jaket, baju terbaru, atau jam tangan. Ketika sampai pada wol, vicuna menempati posisi teratas.

Vicuna adalah unta yang tampak kecil dan elegan yang ditemukan di Peru dan Andes Argentina. Wolnya dianggap paling lembut dan terbaik, bahkan lebih baik dari kasmir. Dilaporkan bahwa pada tahun 1500-an, Raja Philip II dari Spanyol menghabiskan waktunya di bawah selimut vicuna serta wol langka dan mahal ini telah menjadi hiburan orang kaya terkenal sejak saat itu.

Sebuah jas yang terbuat dari vicuna harganya sekitar $ 40.000 dengan selendang seharga $ 4.000, dan mantel putih paling langka yang dibuat dari vicana albino seharga $ 50.000. Para vicuna hampir terdesak sampai tahun 1960-an, Peru melarang pembunuhan dan perdagangan hewan-hewan ini serta berhasil membentuk sebuah konsorsium Vicuna Internasional yang menangani pemrosesan manusiawi dan ekspor serat vicuna sebagai kain maupun produk jadi.

4. Musk Rusa




Sebagian besar parfum dan wewangian pria mengklaim menambahkan musk untuk aroma 'jantan'. Musk dikumpulkan dari rusa yang memiliki kelenjar khusus di perutnya yang memproduksinya. Zat ini digunakan oleh jantan untuk menarik betina. Musk rusa ditemukan di Himalaya, Asia Timur dan Siberia yang rusa musk-nya paling terancam punah.

Rusa ini diburu untuk musk mereka, daging dan sarangnya tidak berharga. Musk telah digunakan untuk waktu yang sangat lama dengan obat-obatan serta parfum, dan masyarakat Asia percaya bahwa musk dapat menyembuhkan penyakit jantung, saraf dan penyakit pernafasan.
Satu kilogram musk bisa diambil sebanyak $ 45.000. Pada tahun 1950-an, orang-orang menyadari bahwa seseorang dapat mengekstrak musk tanpa membunuh rusa dan ini segera dipraktekkan di China, kemudian di India, Nepal serta Rusia.

5. Kopi Luwak




Kopi Luwak adalah kopi paling unik di dunia. Untuk campuran kopi yang begitu terkenal, fakta bahwa itu berasal dari kotoran musang menjadikannya produk sampingan hewan dan bukan kopi murni alami. Luwak Indonesia diberi makan biji kopi dan kemudian kotorannya dipanen. Dari kotoran inilah kopi termahal di dunia berasal.

Dengan harga $ 90 per cangkir, penggemar kopi mengklaim bahwa luwak memberi aroma kopi dan rasa yang enak. Sistem pencernaan hewan tersebut sebagian mencerna biji kopi dan kemudian dikumpulkan dari kotorannya, dibersihkan, dipanggang dan diseduh untuk kopi. Kopi Luwak tetap menjadi kopi paling eksklusif di dunia dan paling mahal harganya.

(sumber gambar google)
(sumber artikel kytaa.co.id)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "5 Hasil Produk Hewan yang sangat berpengaruh terhadap Manusia"

Post a Comment