Mau diet ! 3 Makanan berikut yang cocok untuk kamu

Diet adalah kegiatan makan makanan dengan cara diatur untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Diet dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang melakukan diet untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter atau karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga yang melakukan diet karena bermasalah dengan berat badannya. 

Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penderita penyakit lainnya yang diharuskan melakukan diet. Diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Diet yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, mempunyai perbedaan cara dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlit, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan (untuk pembentukan atau menjaga bentuk otot mereka). 

Berikut makanan yang dapat kamu konsumsi untuk program diet kamu ;

1. Kuning Telur


Ada beberapa yang menyarankan agar kamu menjauhi kuning telur karena kandungan kolesterol tinggi di dalamnya, tapi tidak ada yang bisa jauh dari kebenaran. Sebenarnya, semua nutrisi kaya hanya disimpan di kuning telur. Bagian putih telur didominasi protein dan dengan demikian memisahkan kuning telur dari putih adalah hal paling tidak bijaksana yang bisa dilakukan siapapun.

Kolesterol dalam makanan tidak berdampak pada tingkat kolesterol darah. Studi ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi telur secara teratur sama sekali tidak berkorelasi dengan efek samping yang tidak diinginkan seperti peningkatan tingkat kolesterol darah. Ini adalah mitos kuno yang terus berlanjut sampai hari ini. Ada sedikit sekali makanan yang bahkan tidak mendekati ketika sampai pada tingkat gizi relatif terhadap telur. Satu butir telur mengandung semua nutrisi penting untuk mengembangkan tubuh.

Telur adalah sumber yang kaya dari protein. Telur besarmengandung setidaknya 6-7 gram protein berkualitas dengan semua asam amino yang diperlukan. Telur juga mengandung zeaxanthin dan lutein, yaitu antioksidan yang ampuh dan merupakan pelindung yang sangat efektif dari penyakit mata. Telur mengandung besi, selenium, fosfor, vitamin A, B2, B5, B12, disamping yang lainnya. Telur adalah salah satu sumber makanan terkonsentrasi terbaik dari senyawa kolin yang sangat penting bagi otak yang sehat.

Telur juga memiliki peringkat yang cukup tinggi pada indeks kepuasan yang merupakan pengukuran seberapa memuaskan berbagai jenis makanan tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur untuk sarapan pasti bisa membantumu menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan jika dibandingkan dengan sarapan sereal.

Telur termasuk makanan yang paling memuaskan dan bergizi. Kuning telur mengandung hampir semua nutrisi yang disebutkan di atas, yang putih kebanyakan protein.

2. Bawang Putih



Bawang putih pasti lebih baik daripada hanya meninggalkan rasa berlama-lama di mulutmu. Bawang putih memungkinkanmu untuk memiliki nafas bebas bau sepanjang hari. Ini juga dikemas dalam beberapa senyawa bioaktif dan memiliki nilai gizi sangat tinggi.

Beberapa penelitian ilmiah pada manusia telah membuktikan dampak bawang putih terhadap kesehatan pembuluh darah jantung. Ekstrak bawang putih kini telah terbukti menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah. Bawang putih juga bisa mengurangi agregasi trombosit yang secara efektif menurunkan resiko stroke. Satu studi juga membuktikan bahwa ekstrak bawang putih terkonsentrasi secara signifikan dapat menurunkan tingkat tekanan darahmu. Bawang putih juga memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme seperti virus, jamur dan bakteri.

Allicin, senyawa aktif bawang putih juga telah terbukti dapat menghancurkan MRSA atau methicillin resistant staphylococcus aureus, yang menjadi ancaman serius bagi manusia karena ketahanannya terhadap berbagai antibiotik. Seseorang bisa mendapatkan ekstrak bawang putih terkonsentrasi dari suplemen atau kamu bisa menambahkan bawang putih segar ke asupan makanan harianmu. Bawang putih yang baru dikuliti lebih baik daripada menggunakannya dalam bentuk bubuk setiap hari.

Bawang putih adalah ramuan yang sangat gurih dan bermanfaat yang telah dipelajari secara mendalam untuk manfaat kesehatan terapi dan keseluruhannya bagi manusia. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kesehatan jantungmu bila dikonsumsi secara teratur.

3. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu dari sekian banyak spesies ikan dengan kandungan lemak tinggi yang mengandung persentase besar kalori sebagai lemak. Lemak pada dasarnya adalah asam lemak omega 3 yang kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup sebagai asupan kalori harian mereka. Mengonsumsi jenis ikan seperti salmon satu atau dua kali perminggu cukup banyak memenuhi kebutuhan tubuhmu akan lemak omega-3.

Selain itu, salmon cukup kaya akan banyak nutrisi dan protein berkualitas. Ini termasuk vitamin B1, B3, B6 dan B12, potasium, dan selenium. Mengkonsumsi ikan yang kaya akan lemak omega 3 secara teratur dihubungkan dengan penurunan resiko penyakit kardiovaskular dan demensia.

Jika kamu bisa memegangnya, tidak ada yang seperti salmon liar. Jika tidak, salmon olahan meskipun alternatif yang jauh lebih murah masih sama-sama sehat. Salmon sangat kaya akan nutrisi dan asam lemak omega 3. Merupakan hal yang baik untuk memiliki salmon minimal 1 atau 2 kali seminggu.

Mengonsumsi makanan diet sehat ini akan membantumu menjalani kehidupan yang sehat dan panjang!

(sumber artikel kytaa.co.id)
(sumber gambar google.co.id)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Mau diet ! 3 Makanan berikut yang cocok untuk kamu"

Post a Comment